Senin, 15 Oktober 2018

BUDAYA JAMBI

i
         
Hasil gambar untuk budaya jambiAda banyak sekali kebudayaan di negri kita ini dari sabang sampai marauke. termasuklah di jambi sepucuk jambi sembilan lurah itulah negri jambi nan elok rupawan. Daerah Jambi, sudah sejak zaman dahulu didiami oleh penduduk yang haterogen, penduduk yang bermukim di daerah Jambi atau penduduk kesultanan Jambi, meskipun berasal dari –atau disebut juga—dari suku dan daerah yang berbeda, tetapi kemudian secara umum disebut sebagai orang melayu, atau penduduk melayu Jambi. Oleh karena itu Budaya Jambi kemudian menjadi identik dan dikenal juga dengan sebutan budaya melayu Jambi. Demikian pula dalam konteks sejarah nasional, daerah Jambi atau Provinsi Jambi merupakan daerah pusat kerajaan melayu, sehingga adat istiadat Jambi, baik dari aspek sejarahnya, hukum adatnya, sastra dan seloko adatnya, tata upacara adatnya, seni dan budaya adatnya serta pakaian dan budayanya tidak terlepas dari nilai-nilai adat melayu. Diberi nama melayu atau didefinisikan sebagai melayu, bahkan menjadi budaya dan adat, dimana orang Melayu adalah orang yang mempunyai etika, tingkah laku dan adat Melayu http://repository.unja.ac.id/id/eprint/696

            konon Pengaruh budaya Melayu sangat  terasa dalam budaya Jambi. Hal ini disebabkan latar belakang sebagian besar suku asli Jambi berasal dari suku bangsa Melayu. Mayoritas suku bangsa Melayu menganut agama Islam. Oleh sebab itu, pengaruh budaya Islam sangat terlihat pada kebudayaan suku-suku bangsa di Jambi. Ada juga pengaruh agama-agama lain seperti Hindu dan Buddha. Pemberian sesaji, membakar kemenyan, bentuk stupa candi, dan berbagai bentuk upacara adat yang mempercayai adanya dewa adalah bukti pengaruh tersebut. Khusus pada masyarakat Kerinci, kebudayaannya dipengaruhi oleh budaya Minangkabau.
sebagian contoh dari adat jambi :
  1.  Rumah adat yang mewakili Provinsi Jambi yaitu bernama Rumah Adat Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Bentuk rumah adat ini merupakan bentuk rumah adat masyarakat suku Melayu, Jambi yang dinamakan rumah Betiang
  2.  Pakaian adat pengantin suku melayu jambi yaitu baju kurung tanggung berlengan panjang, cangge, dan sarung songket (kaum pria), serta baju kurung tanggung lengan pendek, kain sarung songket, dan pesangkon (kaum wanita). Ada juga pakaian adat yang bernama pakaian baselang yang digunakan pada saat gotong royong menuai padi.
  3.  Provinsi Jambi sangat kaya akan beragam kesenian tarian tradisional. Kesenian tari Jambi diperkirakan mencapai 98 jenis tari yang tersebar di berbagai daerah. Beberapa nama tarian tradisional Jambi tersebut antara lain seperti Tari Selampit Delapan, Tari Rangguk, Tari Joged Batanghari, Tarian Sekapur Sirih, Tari Serentak Satang, Tari Iyo-Iyo, Tari Ntok Kuda, dan lain sebagainya.
  4. Hadrah merupakan jenis kesenian Jambi yang bernuansa Islami. Kesenian ini menggunakan terbang atau rebana sebagai alat musiknya. Alat-alat tersebut ditabuh disertai nyanyian dalam bahasa Arab (barjanji). Hadrah sering digunakan untuk mengiringi pengantin pria, menyambut tamu, dan acara-acara perayaan agama Islam. 
  5. Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Jambi adalah: Melayu, Kerinci, Kubu, Penghulu, Bajau, Batin, dan lain-lain. 
  6. Bahasa daerah : Bajau, Melayu, Kubu, dan lain-lain. 
  7. lagu daerah : Batang Hari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN KOLOM

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I PERCOBAAN 8   ( KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN KOLOM )